Senin, 28 September 2015

(tugas III) olahraga atau latihan tentang cardiovascular

PENGERTIAN

Sistem kardiovaskular, juga dikenal sebagai sistem peredaran darah, adalah sistem dari tubuh yang terdiri dari jantung, darah, dan pembuluh darah. Sistem kardiovaskular bertanggung jawab untuk mengangkut darah. Mengingat sistem kardiovaskular menggerakkan darah ke seluruh tubuh, sel-sel akan menerima oksigen dan nutrisi. Karbon dioksida dan limbah lainnya dikeluarkan dari tubuh juga. Kata kardiovaskular berasal dari kardia kata Yunani yang berarti “jantung” dan vasculum kata Latin yang berarti “pembuluh kecil.”

LATIHAN ATAU OLAHRAGA TENTANG CARDIOVASCULAR

Latihan kardio merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan kebugaran pada kesehatan tubuh, dan juga bisa disebut sebagai latihan aerobik. Latihan ini jika dilakukan secara rutin akan sangat membantu bagi anda yang menderita penyakit ataupun adanya gejala jantung. Disamping memberikan efek kesegaran dan kebugaran, kardio juga dapat untuk menurunkan berat badan, mengatasi perut buncit dan membentuk perut six pack.

Ada banyak olahraga kardio yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda, diantaranya adalah:

1. Berjalan atau berlari di atas treadmill

Hal ini bisa anda lakukan di tempat gym. Untuk pertama, anda bisa melakukan jalan pelan, setelah mendapat kekuatan yang cukup anda bisa mempercepat laju treadmill. Ini bisa anda lakukan pada minggu-minggu awal anda latihan. Untuk berat badan yang berlebihan, latihan lari akan berbahaya untuk kaki. Jika berat badan anda sudah mengalami sedikit penurunan, anda bisa mempercepat laju treadmill dan berlari. Olahraga akan lebih bagus jika dilakukan bertahap. Anda bisa memberikan waktu sekitar 20 menit untuk berolahraga, dan kemudian menambahnya menjadi 30 menit.

2. Lompat tali

Lompat tali sangat efektif untuk membakar lemak. Bagi anda yang tidak sempat ke tempat gym dan mempunyai waktu luang di sore hari setelah bekerja, anda bisa melakukan lompat tali di teras rumah. Lompat tali mampu membuat seluruh badan anda bergerak sehingga lemak dapat terbakar. Dalam penelitian, terbukti bahwa dengan lompat tali, kalori 11% bisa terbakar. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan lompat tali selama 30 menit dengan beberapa kali istirahat tiap jeda waktu tertentu.

3. Sprint tangga

Saat ini sprint tangga sedang populer karena mampu mengeluarkan keringat dengan cepat. Sprint tangga ini menjadi solusi terbaik untuk olahraga di tengah pusat perkotaan. Jika anda bekerja di gedung dengan banyak lantai, sebaiknya anda hindari lift dan berlarilah menggunakan tangga. Lemak akan terbakar dan tubuh anda bisa bugar. Jika anda mempunyai stamina yang oke, anda bisa mengikuti lomba sprint tangga.

(foto untuk tugas kelompok kecil)
maaf bapak jae belum punya kelompok untuk sementara di kosongkan fotonya.

0 komentar:

Posting Komentar